Senin, 27 Juli 2009

Promosi Blog JITU

Setelah Kamu mengikuti program ptc dan menghasilkan uang, Kamu bisa mendapatkan lebih dengan referral program. Yaitu mengembangkan jaringan user dengan mengajak orang lain untuk mengikuti program yang sama untuk melakukan aktifitas yang sama.

Salah satu cara mempromosikan referral URL secara efektif dan bebas SPAM yaitu dengan mempresentasikan program yang Kamu ikuti itu melalui sebuah blog. Dengan mempromosikan blog, Kamu dapat menarik downline dengan mudah sementara Kamu asyik surfing dan menghasilkan uang.

Buat Blog mu dikunjungi orang.
Mempromosikan sebuah blog sebenarnya bisa dilakukan dengan cara apapun. Kamu juga bisa membuat brosur lalu menyebarkannya, atau memasang iklan di koran-koran. Tapi kalau itu harus mengeluarkan banyak uang, Kamu bisa memilih cara yang tidak menyakitkan dan melelahkan.
Berikut tips agar blog Kamu dikunjungi banyak orang dan merekrut banyak downline dengan mudah:

Lupakan dulu acara promosi, dan tetap menulis
Saya hampir jarang sekali melakukan promosi melelahkan. Yang saya lakukan cuma menulis dan terus menulis. Juga terus berusaha menyajikan tulisan yang usefull, mudah dipahami dan asyik dibaca ( asyik ngga sih ...? ). Sementara kamu terus rajin mengisi konten secara reguler (posting tiap hari lebih bagus), biarkan Mbah Google meng-index-nya dan membantu dalam mempromosikan blog Kamu lewat SERP-nya. Kalau konten sudah menjadi prioritas utama,

Optimisasikan Blog Kamu
Salah satu hal yang membuat orang betah berlama-lama "nongkrongin" PC untuk membaca blog adalah karena tampilan yang keren. Saya sering menemukan beberapa blog teman kita yang membuat bosan untuk dibaca karena tulisan yang terlalu kecil, background yang terlalu gelap dan link-link yang membingungkan. Untuk itu, background putih jarang sekali bermasalah untuk dibaca (asal tulisannya jangan putih juga).

Selain mengoptimisasikan blog untuk para pembaca Kamu, optimisasi untuk Mesin Pencari (Search Engine - disingkat SE aja ya!) juga perlu dilakukan. Karena dengan ter-index-nya Blog Kamu oleh SE akan membantu Kamu dalam mendapatkan pengunjung secara gratis terus menerus selama 24 jam (selama masih ada yang begadang). Untuk yang satu ini biasanya disebut dengan strategi SEO, yaitu Search Engine Optimization - mengoptimisasi halaman-halaman web untuk SE supaya Blog Kamu mendapat peringkat lebih baik di SERP.

Rajin Mengisi Konten
Apa jadinya jika ada koran yang terbit sebulan bahkan setahun sekali dengan berita yang minim? Sama saja seperti blog yang sekali dibikin, trus dicuekin sama pemiliknya. Bisa jadi, seorang yang pernah berkunjung akan mencoba mengingat alamat Blog kamu dan datang lagi di kemudian hari. Begitu melihat Blog kamu isi-nya masih itu-itu saja, dia akan langsung mengetikan di browsernya dengan tulisan www.google.com untuk mencari blog lain/konten lain dan melupakan Blog kamu untuk selama-lamanya.

Menyendiri itu tidak baik
Gabung di komunitas online seperti komunitas blogger, forum, group dan sebagainya. Bertukar pendapat dengan teman-teman dalam diskusi akan membawa pengaruh yang baik dan menjadi strategi mempromosikan blog secara efektif. Seseorang yang aktif di sebuah forum akan terlihat menonjol dan menarik bagi orang lain untuk menyelidiki jati dirinya sampai mencari alamat website/blognya.

Walau demikian, jangan sampai terlena dengan asyiknya ngobrol di forum. Blog kamu harus mendapat perhatian ekstra. Jadikan topik hangat di forum sebagai bahan/ide untuk menulis artikel dan memperkaya Blog Kamu.

Tidak ada salahnya berpromosi offline
Kalau kamu menjalankan sebuah bisnis internet dan mempresentasikannya via blog, membuat stiker, brosur, spanduk, flier dan sebagainya bisa membantu dalam mempromosikan Blog Kamu. Apalagi kalau Kamu berbisnis seperti menjual produk lewat blog, promosi offline seperti iklan di koran juga efektif. Kamu bisa melayani pembeli dari seluruh penjuru Nusantara karena iklan Kamu di muat di koran Nasional. Tapi mahalnya biaya periklanan ini bisa disiasati dengan cara ke-2 dan ke-3 di atas.

Yang terahir adalah, jangan pernah berhenti menunggu pesanan sebelum pesanan itu datang. Banyak teman-teman kita yang mencoba berbisnis oline dengan mempromosikan referral URL melalui artikel di sebuah blog kemudian kapok dan melarikan diri lantaran berbulan-bulan blog-nya hanya dikunjungi oleh dirinya sendiri.

Malas belajar, tidak sabar, tidak fokus, bergonta-ganti niat dan keinginan menjadi biang keladi banyaknya blog terlantar di dunia maya ini. Untuk itu, pastikan dulu apakah Kamu benar-benar minat dan enjoy dengan apa yang akan Kamu lakukan dengan sebuah Blog? Karena, hal yang paling membosankan adalah melakukan sesuatu yang tidak disukai. Jadi kalau kamu tidak suka menulis, coba pikirkan lagi untuk menjadi penyedia konten yang baik melalui blog. Mungkin saja pilihan ini salah buat Kamu.

0 komentar:

Posting Komentar